Cara Ampuh Menidurkan Bayi dengan Mengetahui Waktu Tidur Bayi Sesuai Usianya

Seperti yang telah diketahui bahwa bayi memang masih sulit membedakan antara waktu pagi dan malam hari. Dengan demikian sebagai orangtua, Anda harus cermat mencari tahu cara menidurkan bayi. Terlebih saat bayi sulit tidur, biasanya para orang tua akan cemas dan stres karena mereka juga akan mengalami kurang tidur. Ketika bayi masih berusia beberapa minggu, maka Anda dapat mencoba menerapkan pola tidur bayi berdasarkan waktu tidurnya.

Umumnya waktu tidur bayi tersebut dibedakan berdasarkan usia tumbuh kembangnya. Bayi memang memiliki jam tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Begitu pula dengan jam tidur bayi yang baru lahir dengan bayi yang hampir berusia 1 tahun.

Cara menidurkan bayi yang tepat memang perlu diketahui karena tidur yang cukup dapat menunjang tumbuh kembang si bayi. Selain itu, tidur yang cukup menjadikan hormon pertumbuhan menjadi aktif serta melindungi bayi dari terjadinya kerusakan jantung maupun pembuluh darah. Tidur yang cukup juga membantu tubuh bayi dalam melawan infeksi serta menjaga berat badan bayi.

Kapan Waktu Tidur Bayi yang Tepat?

waktu tidur bayi

Seperti yang telah diketahui bahwa orang dewasa dalam sehari membutuhkan waktu tidur antara 7-8 jam. Sedangkan bayi memerlukan waktu tidur lebih lama yaitu selama 16,5 jam per hari. Durasi tersebut lama-kelamaan akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia seorang bayi. Namun supaya si kecil mengalami tumbuh kembang yang optimal maka selain memahami cara menidurkan bayi, Anda juga perlu menyesuaikan waktu tidur bayi berdasarkan durasi serta jam tidur bayi yang dianjurkan sesuai usianya.

Berikut akan dijelaskan waktu tidur bayi sesuai tingkatan usianya untuk mendukung penerapan cara menidurkan bayi yang tepat.

  1. Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir pada umumnya memerlukan waktu tidur sekitar 16,5 jam per hari. Dimana jam tidur tersebut dapat dibagi menjadi 8 jam untuk tidur siang serta 8,5 jam untuk tidur malam. Akan tetapi, pola tidur bayi di usia tersebut masih belum beraturan. Bahkan bayi biasanya dapat terbangun saat merasa lapar atau ketika merasa tidak nyaman.

  1. Bayi 1 Bulan

Saat bayi memasuki usia 1 bulan, maka durasi tidurnya akan semakin berkurang menjadi 14-16 jam per hari. Waktu tidur bayi untuk usia 1 bulan dibagi menjadi 8-9 jam tidur malam serta 6-7 jam tidur siang. Pada usia 1 bulan, bayi juga mulai mengenal siang atau malam. Selain itu, bayi juga lebih banyak menghabiskan waktu tidurnya ketika malam hari.

  1. Bayi 3 Bulan

Memasuki usia 3 bulan, waktu tidur bayi memang tidak berbeda jauh dengan bayi usia 1 bulan yaitu antara 14-16 jam. Akan tetapi perbedaannya terletak pada durasi tidur malam untuk bayi usia 3 bulan selama 10 – 11 jam. Sedangkan untuk tidur siang bayi usia 3 bulan selama 4-5 jam.

  1. Bayi 6 Bulan

Ketika memasuki usia 6 bulan, bayi juga membutuhkan waktu tidur selama 14 jam per hari. Pada umumnya durasi tersebut terbagi lagi menjadi 3 jam tidur siang serta 11 jam tidur malam.

  1. Bayi 9-12 Bulan

Pada usia 9-12 bulan, waktu tidur bayi biasanya akan berkurang menjadi 13,5 jam per hari. Dimana jam tidur tersebut terdiri atas 11 jam untuk tidur malam serta 2,5 jam untuk tidur siang. Pada usia ini, bayi kemungkinan akan mengalami susah tidur atau tidak mau tidur saat tidak bersama orang tuanya. Pada usia ini, bayi juga mulai merasa tidak nyaman karena giginya mulai tumbuh dan dapat berpengaruh pada pola tidurnya.

Durasi serta jam tidur bayi memang sebaiknya harus disesuaikan usianya. Selain memperhatikan hal tersebut, cara menidurkan bayi yang tepat juga harus memperhatikan posisi tidur bayi. Upayakan supaya bayi bisa tidur terlentang serta tidak berada di posisi tengkurap atau miring. Agar bayi berada di posisi tidur yang nyaman, maka Anda juga perlu memilih tempat tidur bayi yang terbaik dan nyaman.

Cara Menidurkan Bayi yang Tepat

waktu tidur bayi 6 bulan

Bagi Anda para orang tua baru yang selama ini masih kesulitan menidurkan bayi, sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab selain memperhatikan waktu tidur bayi, Anda juga bisa memperhatikan cara menidurkan bayi sebagai berikut:

  • Strategi Lampu

Bayi memang banyak mengandalkan cahaya atau sinar untuk memahami sekelilingnya. Dengan menerapkan ruangan gelap maka bisa memicu pelepasan melatonin yaitu hormon tidur yang sudah terbukti bisa meningkatkan efisiensi tidur maupun durasi tidur.

  • Mandiri Sejak Dini

Apabila bayi terbangun ketika tidur siang ataupun tengah malam, sebaiknya jangan langsung bangkit untuk mengeceknya. Anda bisa memantau bayi di tempat tidurnya dari kejauhan karena bayi biasanya perlahan-lahan akan tertidur kembali. Tetapi jangan pula menunggu sampai bayi menangis hingga meraung-raung baru didekati.

  • Hindarilah Kontak Mata

Cara menidurkan bayi berikutnya yaitu dengan menghindari kontak mata agar bayi bisa termotivasi segera terlelap. Sebab kontak mata yang dilakukan oleh ibu justru dapat memancing stimulasi bayi sehingga rasa kantuknya menjadi hilang.

  • Menunggu Kesiapan Bayi

Ketika bayi berusia 4 bulan maka ia baru bisa dilatih tidur semalaman tanpa disusui saat tengah malam. Dengan memulai rutinitas tidur yang teratur, jadwal seharian terencana serta memastikan kesehatan bayi maka dapat menjadi strategi cara menidurkan bayi yang benar-benar efektif.

Bagi orang tua baru yang memiliki bayi, sebaiknya perlu mengetahui cara menidurkan bayi yang tepat sekaligus waktu tidurnya. Sebab kualitas tidur bayi sangat berpengaruh pada kesehatan maupun tumbuh kembangnya. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tempat tidur bayi, upayakan memilih tempat tidur sesuai usia bayi, aman dan nyaman menjaga mereka saat terlelap.