Merancang Desain Interior Kamar Tidur Minimalis

Kamar tidur merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk beristirahat dan melepas lelah setelah seharian penuh beraktivitas. Supaya Anda bisa merasakan saat beristirahat yang nyaman dan menyenangkan, sebaiknya kondisi kamar tidur harus didesain sedemikian rupa.

Perlu diingat bahwa kamar tidur yang nyaman tidak harus luas. Cukup dengan kamar tidur berukuran kecil dan minimalis, Anda bisa menciptakan desain interior kamar tidur sesuai keinginan dan pastinya membuat momen istirahat Anda semakin termanjakan.

Tips Merancang Desain Interior Kamar Tidur Minimalis

Bagi Anda yang memiliki kamar tidur minimalis namun masih bingung untuk memilih desain interior kamar tidur yang tepat sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab di bawah ini Anda akan diajak untuk mendesain interior kamar tidur minimalis agar lebih menarik dan nyaman.

  1. Perhatikan Pencahayan dan Warna Dinding

Ketika Anda ingin merancang desain interior kamar tidur berukuran kecil, Anda perlu memahami trik agar ruangan tersebut terkesan lebih luas. Caranya dengan menerapkan pencahayaan yang baik dengan menghilangkan bagian ruangan yang dirasa gelap.

Sehingga semua sudut kamar akan lebih terlihat jelas. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan warna dinding yang netral seperti warna putih, biru muda, pastel, atau merah muda agar ruangan terkesan lebih luas. Manfaatkan juga cermin supaya ruangan kamar terkesan lebih lega.

  1. Posisi Tempat Tidur

Dalam merancang desain interior kamar tidur yang minimalis, Anda perlu memperhatikan posisi tempat tidur. Untuk kamar tidur minimalis sebaiknya pilih dipan minimalis dan furniture lain yang tepat. Tempat tidur minimalis biasanya memiliki ornamen yang tidak terlalu ramai. Selain itu, agar dipan minimalis tersebut menjadi focal point ruangan sebaiknya tempatkan dipan tersebut rapat ke dinding kamar yang paling terlihat. Sehingga tempat tidur bisa diakses secara mudah dari dua sisi.

  1. Manfaat Karpet

Untuk menciptakan desain interior kamar tidur yang menarik dan nyaman maka Anda perlu menggunakan karpet untuk ruangan. Dimana karpet tersebut berfungsi untuk membuat ruangan terkesan lebih luas. Namun perhatikan perbandingan ukuran ruangan dan karpet tersebut dengan memastikan ukuran karpet tidak melebihi 50% dari luas alas ruangan.

Untuk tempat tidur yang diletakkan di tengah dinding, Anda bisa menempatkan karpet sekitar 2/3 di bagian tempat tidur. Selain itu, selaraskan motif dan warna karpet dengan tema ruangan agar kamar tidur minimalis lebih terasa lega.

  1. Mengkreasikan Tempat Penyimpanan Unik

Desain interior kamar tidur minimalis dengan barang-barang yang banyak akan terasa lebih rapi, jika Anda menerapkan kreasi tempat penyimpanan yang unik. Anda bisa membuat tempat penyimpanan berupa kotak di bawah tempat tidur, rak dinding sebagai tempat buku, papan untuk meletakkan tas atau sepatu dan hal unik lainnya.

Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur yang Bergaya Minimalis

desain interior kamar tidur minimalis

Dalam menciptakan kamar tidur minimalis yang menarik dan nyaman maka Anda perlu memanfaatkan ruangan secara efektif, memakai perabot berukuran tepat dan berani menambah dekorasi pada ruangan. Untuk membantu Anda agar lebih mudah merancang desain interior kamar tidur minimalis, berikut beberapa inspirasi desain interior sebagai referensi Anda.

  1. Kamar Tidur Shabby Chic

desain kamar tidur shabby chic

Desain interior kamar tidur shabby chic biasanya memiliki tampilan yang antik dan modern. Perabot yang bisa dipakai untuk desain kamar tidur ini berupa perabot baru yang tampilannya antik. Selain itu, desain shabby chic juga identik dengan motif floral dan warna putih atau pastel sehingga sangat cocok diterapkan pada kamar tidur minimalis.

  1. Kamar Tidur Industrial

desain kamar tidur bergaya industrial

Bagi anak muda yang menyukai hal-hal modern dan sederhana maka kamar tidur industrial bisa menjadi desain interior yang tepat. Biasanya kamar tidur ini identik dengan bahan unfinished serta bahan ekspos seperti baja, besi, kayu, bata dan semen. Sedangkan pilihan warna yang bisa digunakan yaitu warna kalem dan gelap.

  1. Kamar Tidur Skandinavia

Desain interior kamar tidur skandinavia biasanya identik dengan perpaduan warna putih dan bata ekspos yang dapat menciptakan gaya skandinavia dalam ruangan minimalis Anda. Dengan menerapkan desain interior ini, kamar tidur juga akan terkesan lebih bersih serta menenangkan. Terlebih jika dipadukan dengan sprei bermotif zig-zag dan dinding cermin maka akan menciptakan kesan yang semakin unik.

  1. Kamar Tidur Bernuansa Merah

kamar tidur nuansa merah

Kamar tidur minimalis juga sangat cocok didesain dengan nuansa merah yang melambangkan keberanian dan keromantisan. Selain itu, kamar tidur bernuansa merah juga mampu menciptakan rasa hangat saat di dalam ruangan sehingga membuat Anda semakin betah berada di dalam ruangan. Tak perlu khawatir bila kamar tidur Anda sejak awal tidak bernuansa merah, karena Anda masih bisa mengubahnya dengan menambah aksen merah untuk bantal, gorden, sprei dan karpet.

  1. Kamar Tidur Kontemporer

desain kamar tidur kontemporer

Perlu Anda ketahui bahwa desain interior kamar tidur kontemporer berbeda dengan desain kamar tidur modern. Sebab desain kontemporer memang selalu mengikuti perkembangan zaman tetapi memadukan beberapa desain menjadi satu. Ciri khas dari desain ini biasanya terlihat dari pemakaian garis lurus di setiap material maupun perabotnya. Namun perabot yang digunakan bukanlah unfinished seperti pada desain industrial serta tidak simpel seperti desain minimalis.

  1. Kamar Tidur Minimalis

kamar tidur minimalis warna abu-abu

Desain interior kamar tidur minimalis cocok untuk kamar tidur mungil. Namun agar desain tersebut tidak terkesan biasa dan polos maka Anda bisa menambahkan laci fungsional di bagian samping ranjang dan lukisan di dinding ruangan. Pastikan penambahan ornamen tersebut tetap senada dengan warna interior agar terkesan selaras.

Merancang desain interior kamar tidur minimalis memang tidaklah mudah. Namun dengan menerapkan tips-tips di atas maka Anda bisa lebih mudah memilih desain interior yang tepat untuk kamar tidur kesayangan. Selain itu, Anda bisa memilih sendiri desain interior untuk kamar tidur tersebut sesuai selera dan tema ruangan sehingga akan menciptakan nuansa yang berbeda pada tempat istirahat Anda.

Leave a Comment