Ide Jendela Kamar Tidur Terbaik Untuk Dekorasi yang Lebih Menarik

Berbicara tentang dekorasi kamar tidur, maka akan ada cukup banyak variable dekorasi yang harus dibahas. Memang, mendekorasi kamar tidur terkadang menjadi hal yang rumit, terutama untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal untuk beristirahat. Nah, salah satu variabel yang dipertimbangkan adalah jendela kamar tidur.

Tentu, untuk mendapatkan tampilan kamar tidur yang menarik dan nyaman, mempertimbangkan detail jendela adalah sebuah keharusan. Jendela tidak hanya berfungsi sebagai ventilasi saja, melainkan bagaimana kesan dekorasi kamar tidur akan dibangun, terutama untuk Anda yang memiliki kamar tidur minimalis yang cenderung tidak terlalu luas.

Rekomendasi Model Jendela Kamar Tidur Minimalis

jendela kamar tidur

Untuk kamar tidur minimalis, jendela bisa menjadi hal yang cenderung esensial. Keterbatasan ruang pada kamar tidur nantinya akan bisa diatasi dengan adanya jendela yang unik dan tepat. Ya, selain menjadi sarana untuk menjaga kesegaran udara, jendela untuk kamar tidur minimalis juga akan membangun kesan kamar yang lebih luas.

Nah, terkait jendela untuk kamar tidur minimalis, ada beberapa rekomendasi model yang bisa Anda jadikan pilihan. Beberapa model tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Stationary Window

stationary window

Untuk kamar tidur minimalis dengan gaya kontemporer, stationary window adalah salah satu opsi yang sangat menarik dan cocok. Jendela ini memang tidak bisa dibuka. Artinya, fungsinya menyerupai dinding kamar tidur.

Penggunaan jendela model ini cukup disarankan untuk membangun kesan kamar tidur yang lebih terang dan lebih luas. Namun, tentu saja, stationary window cenderung cocok untuk jendela tambahan saja. Artinya, harus ada jendela lain atau lubang ventilasi lainnya untuk memastikan sirkulasi udara di dalam kamar tidur tetap lancar.

  • Awning Window

awning window type

Awning window menjadi salah satu ide jendela kamar tidur minimalis untuk gaya modern. Apa yang menarik dari jendela ini adalah konsepnya yang cukup simple namun terlihat begitu elegan.

Jendela ini dibuat untuk membiarkan air hujan meluncur pada bukaan jendela. Selain itu, ukuran jendela ini tidak terlalu besar sehingga tidak akan memakan dinding terlalu banyak pada kamar tidur minimalis. Bahkan, tidak akan menjadi masalah jika Anda memasang dua awning window untuk kamar tidur minimalis.

Gaya jendela yang cenderung simple ini menawarkan kesan yang begitu sederhana. Jika rumah Anda bergaya modern dengan cat lebih banyak warna putih, maka jendela ini sangat cocok untuk diterapkan.

  • Picture Window

picture window

Perlu diketahui bahwa picture window tentu saja bukan jendela dengan banyak gambar. Model jendela kamar tidur ini hadir dengan konsep seperti lukisan. Ia memiliki ukuran yang cukup besar dan persegi panjang layaknya lukisan yang dipajang di dinding.

Nah, umumnya, jendela ini dibagi menjadi tiga bagian yang lebih kecil dengan model yang berbeda. Bagian jendela tengah umumnya seperti stationary window yang tidak bisa dibuka sedangkan kedua sisi lainnya menggunakan konsep awning window.

Perpaduan dua gaya jendela ini tentu saja sangat menarik dan akan membuat kamar tidur Anda terlihat begitu elegan. Namun, Anda bisa saja memilih konsep stationary window semua untuk jendela ini, terutama untuk kamar yang berada di lantai dua dengan pemandangan bawah yang indah.

  • Double Hung Window

double hung window

Ide lain terkait jendela untuk kamar tidur minimalis yang bisa dipilih adalah double hung window. Desain jendela ini sangat unik karena bisa dibuka secara vertikal dengan mudah. Tentu, Anda bisa membuka jendela bagian atas atau bawah dengan gampang sesuai dengan keinginan.

Apa yang menarik dari ide jendela untuk kamar tidur minimalis ini adalah nuansa tradisional. Sekat-sekat pada kaca jendela model ini memang membawa kesan dekorasi jauh ke belakang. Tidak hanya itu, dengan jendela ini, sirkulasi udara di dalam kamar pun akan cenderung lebih baik karena banyaknya ruang yang bisa dibuka.

  • Jalousie Window

jalousie window

Untuk kamar minimalis yang terletak di lantai dua, jalousie window bisa menjadi opsi jendela yang cukup menarik. Konsep dasar jendela ini adalah terdiri dari beberapa lapisan kaca. Sekilas, jendela ini memang seperti jendela model lama yang banyak digunakan untuk konsep rumah zaman dulu.

Hanya saja, konsep jendela ini tetap relevan untuk beragam model kamar tidur minimalis saat ini. Dengan menggunakan konsep jendela ini, maka Anda bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik sekaligus mengatur jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam kamar.

Selain itu, jalousie window terdiri dari beberapa buah jendela. Anda bisa saja memasang satu atau dua plong jendela sesuai dengan konsep dekorasi dan juga luas kamar tidur Anda.

  • Single Hung Window

single hung windows

Jika double hung window memiliki beberapa bagian yang dibuka, maka single hung window hanya dibekali dengan satu engsel di bagian tengah. Hal inilah yang membuat jenis jendela ini bisa dibuka salah satu sisinya.

Keuntungan jika Anda menggunakan model jendela kamar tidur minimalis ini adalah kesan simple cenderung lebih kentara. Selain itu, dari segi harga, tentu single hung window lebih terjangkau daripada double hung window. Meski demikian, jenis jendela ini bisa mengatur sirkulasi udara dengan baik.

Nah, beberapa opsi di atas adalah pilihan-pilihan tentang model jendela kamar tidur yang cocok untuk ruangan dengan konsep minimalis. Tentu saja, selain memilih jendela yang cocok, Anda juga harus mengatur letak properti kamar tidur dengan posisi jendela. Misalnya, letakkan tempat tidur tingkat anak berseberangan sisi dengan jendela untuk memberikan kesan ruang yang lebih luas dan tidak sumpek.