Inspirasi Kamar Tidur Anak Minimalis dan Cara Mengajarkan Mereka Membersihkan Kamarnya Sendiri

Menata dan menghias kamar tidur anak memang menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, baik dalam rangka menyambut kelahiran anak, ataupun untuk anak yang sudah mulai beranjak besar. Saat ini, design minimalis masih menjadi salah satu trend yang paling banyak digemari. Lebih modern dan dinamis, sehingga tidak heran jika banyak orang tua yang lebih memilih konsep kamar tidur anak minimalis.

Selain lebih modern, konsep kamar minimalis juga bisa memberikan anak ruang gerak yang lebih banyak, karena di dalam kamar minimalis biasanya tidak terdapat terlalu banyak barang, juga lebih mudah membersihkannya. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda jika ingin mengajari anak untuk membersihkan kamarnya sendiri.

Nah, jika Anda masih mencari beberapa inspirasi untuk menata kamar tidur anak minimalis, berikut beberapa pilihan yang bisa Anda coba.

  1. Kamar Tidur Minimalis Anak Perempuan

kamar tidur minimalis anak perempuan

Selama ini mungkin kebanyakan orang tua menginginkan kamar anak perempuannya memiliki kamar full color dengan banyak dekorasi disana-sini untuk mempercantiknya, namun sebenarnya kamar yang minimalis juga bisa jadi cantik selama Anda cerdas menatanya lho.

Anda bisa memulai konsep kamar tidur minimalis anak perempuan ini dengan warna cat dindingnya terlebih dahulu. Sebagai opsi yang paling mudah, pilihlah warna yang netral untuk dasar, lalu berikan aksen warna lain di beberapa bagian dengan warna yang ceria dan feminin.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan kamar tidur anak minimalis ini ialah pencahayaannya. Untuk membuat anak lebih nyaman ketika di malam hari, berikan lampu sorot di beberapa sudut kamar, sehingga lampu ini bisa dinyalakan ketika lampu utama dimatikan.

  1. Kamar Tidur Minimalis Anak Laki-Laki

kamar tidur minimalis anak laki-laki

Selesai dengan kamar tidur anak minimalis untuk perempuan, kini saatnya Anda menyimak kamar yang lebih cocok untuk anak laki-laki. Anak laki-laki biasanya memiliki mainan yang bisa dipajang, berbeda dengan anak perempuan yang mainannya dimainkan lalu disimpan kembali.

Oleh karena itu, Anda bisa memberikan sentuhan cantik dengan membuatkan rak atau laci terbuka untuk memajang beberapa action figure kesukaan mereka. Sentuhan kecil seperti ini sangat ampuh untuk memberikan kesan yang lebih maskulin lho.

Jika Anda memiliki anak laki-laki yang suka atau jago menggambar, Anda juga bisa memanfaatkan salah satu dinding untuk dijadikan sebagai canvas bebas bagi mereka. Salah satu cara yang paling murah adalah dengan memasangkan papan tulis kapur dengan ukuran sedang.

  1. Kamar Tidur Frozen Namun Tetap Minimalis

kamar tidur frozen

Setelah kedua inspirasi kamar yang benar-benar minimalis tadi, inspirasi kamar ketiga ini bisa Anda jadikan solusi jika memiliki anak yang sangat menyukai salah satu figur atau tema, contohnya saja Frozen.

Lalu, bagaimana cara membuat kamar tidur anak minimalis namun tetap bisa mengusung tema kesukaan mereka? Jika Anda ingin memajang foto atau art Frozen, pilihlah jenis foto yang tidak terlalu ramai. Lalu, Anda juga sebaiknya tidak terlalu banyak memasang gambar Frozen tersebut, cukup diĀ  salah satu sudut kamar saja.

Sebagai penggantinya, Anda bisa membelikan pajangan-pajangan kecil sebagai hiasan, ataupun baju hingga alat sekolah mereka dengan tema Frozen. Satu catatan tambahan, karena di bagian dinding sudah akan cukup terisi, pastikan Anda memilih tempat tidur anak minimalis untuk menetralkan suasana kamar.

Cara Mengajari Anak Membersihkan Kamarnya Sendiri

Nah, setelah Anda memberikan kamar yang nyaman untuk anak, kini saatnya Anda untuk mengajarkan mereka membersihkan kamarnya sendiri. Hal ini tentu hanya berlaku bagi anak yang sudah cukup umur ya, misalnya saja dimulai ketika anak sudah mulai menginjak umur 5 atau 6 tahun.

Mengajarkan anak untuk membersihkan kamarnya sendiri bukan semata-mata untuk mengurangi pekerjaan Anda ya, namun lebih kepada mengajari anak untuk bisa bertanggung jawab dengan barang miliknya dan dirinya sendiri.

Lalu, bagaimana caranya? Untuk Anda yang penasaran, berikut beberapa caranya;

  1. Memulai dengan membuat aturan baru, dimana Anda harus bisa menjelaskan bahwa mulai saat ini anak harus membersihkan kamarnya sendiri dan alasannya.
  2. Awali dengan memberikan contoh langsung.
  3. Mulai dari yang paling mudah, contohnya dengan merapikan mainan yang baru saja mereka mainkan.
  4. Menjadikan aktivitas bersih-bersih kamar sebagai permainan, sehingga anak akan merasa tertarik untuk melakukannya, apalagi jika sesekali Anda memberinya hadiah.
  5. Memfoto anak ketika sedang bersih-bersih lalu mencetak dan membingkainya. Hal ini akan membuat anak merasa bangga dengan apa yang sudah mereka kerjakan.
  6. Memberikan apresiasi.

Ya, itulah beberapa inspirasi untuk kamar tidur anak minimalis lengkap dengan cara untuk mengajarkan mereka membersihkannya yang bisa Anda coba. Perlu Anda pahami bahwa kebutuhan kamar anak dan orang dewasa tentu saja berbeda, sehingga Anda tidak bisa memaksakan membeli sebuah furniture seperti ketika Anda membeli untuk keperluan kamar Anda sendiri.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah keamanan dari setiap barang yang akan masuk ke dalam kamar. Salah satu contoh yang paling mudah apakah ujung-ujung dari barang tersebut tajam atau tidak, apakah cat dari barang tersebut berbahaya bagi anak atau tidak, dan lain sebagainya.

Semoga inspirasi dan beberapa tips yang sudah disebutkan mengenai kamar tidur anak minimalis tadi bisa membantu Anda ya. Jika masih membutuhkan inspirasi tambahan, Anda juga bisa menginstal aplikasi untuk menata ruangan, atau bahkan meminta bantuan dari desainer interior yang sudah berpengalaman.

Selamat mencoba…