Coba Dekorasi Kamar Tidur Bayi Terbaik untuk Sang Buah Hati ini!

Hampir semua orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Terutama anak pertama, anak yang paling ditunggu kedatangannya dalam keluarga. Mulai dari makanan, pakaian sampai tempat tidur dipilih dengan seksama untuk si kecil.

Pentingnya Dekorasi Kamar Bayi

Dekorasi kamar tidur bayi sebenarnya tidak perlu terlalu berlebihan, sesuai kehendak dan kemampuan orang tua saja. Jika tidak memungkinkan, belilah barang-barang yang memang sangat diperlukan si bayi. Salah satu contoh barang yang harus ada adalah tempat tidur bayi, bagi Anda yang minim budget bisa memilih tempat tidur bayi minimalis.

Walaupun bayi belum mengerti mengenai kamar tidur. Tidak ada salahnya memberikan dekorasi yang epik, nyaman dan tentunya sesuai dengan kebutuhan bayi.

Namun, mendekorasi kamar tidur bayi terkadang cukup membingungkan bukan? Terutama bagi Anda para orang tua baru yang belum mempunyai pengalaman sebelumnya. Hal ini memang gampang-gampang susah, selain memperhatikan keindahan juga harus memperhatikan kenyamanan dan keamanan bayi Anda tentunya.

Beberapa Poin Penting dalam Mendekorasi Kamar Bayi Baru Lahir

Bagi Anda para calon ibu atau calon ayah ketika menyambut buah hati, bukan hanya mempersiapkan mental dan materi saja, melainkan Anda juga harus mempersiapkan kamar tidur bayi. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mendekorasi kamar bayi baru lahir:

  1. Membuat Kamar Terbaik untuk Buah Hati

Kamar tidur adalah tempat yang digunakan untuk beristirahat. Kamar tidur adalah ruang pribadi yang sampai nanti akan tetap dikenang si kecil dan sebagai tempat perkembangan dan pertumbuhan si kecil.

Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan dekorasi dan desain terbaik untuk bayi Anda dengan tidak melupakan kebutuhan bayi. Disamping itu, kamar tidur bayi bisa saja menjadi tempat favorit bayi, walaupun Ia belum faham betul dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

  1. Memperhatikan Kenyaman Orang Tua

Selain memperhatikan keamanan dan kenyamanan bayi, saat mendekorasi kamar bayi, perhatikan pula kenyamanan orang tua. Kemungkinan besar, ketika bayi baru lahir orang tua akan menemani bayi di kamarnya setiap waktu.

Terutama bagi beberapa ibu yang mengalami baby blues, kenyaman perlu diperhatikan untuk meminimalkan baby blues. Baby blues adalah kondisi mudah marah, lelah, sedih dan mudah menangis tanpa alasan jelas yang dialami seorang ibu setelah melahirkan.

  1. Lebih Memperhatikan Fungsi Utama daripada Penampilan

Kamar bayi yang baik bukan hanya yang indah dan cantik dekorasinya. Hal ini memang diperlukan, tetapi yang terpenting adalah fungsi dari kamar tersebut, serta fungsi benda-benda yang ada di dalamnya. Sebaiknya hindari meletakkan barang-barang yang tidak perlu atau mungkin berbahaya bagi bayi Anda.

  1. Pencahayaan Lampu

Cahaya lampu yang dibutuhkan bayi setiap saat tidaklah sama. Contohnya, penerangan yang dibutuhkan bayi saat tidur akan berbeda dengan saat bayi terjaga. Dalam hal ini Anda bisa memakai lampu dimmer, lampu yang dapat diatur intensitas cahayanya. Jika tidak ada lampu dimmer, Anda bisa menggunakan dua lampu dengan intensitas cahaya yang berbeda, dan menyalakannya secara bergantian sesuai kebutuhan bayi.

  1. Warna Kamar

Dalam memilih warna kamar, biasanya sesuai dengan selera orang tua karena seorang bayi tentu belum bisa memilih bukan? Tetapi disarankan untuk menghindari warna yang intens dan juga pola yang kontras.

Selain itu, jika telah mengetahui jenis kelamin bayi Anda, sebaiknya pilihlah warna sesuai gender. Dan juga perhatikan pemasangan pernak pernik atau gambar, sehingga tidak mengganggu fokus anak.

  1. Sinar Matahari

Kamar tidur bayi juga memerlukan sinar matahari, matahari memberikan sinar alami yang bisa membuat kamar menjadi lebih segar. Selain itu, sinar matahari pagi juga baik untuk kesehatan.

Cara Dekorasi Kamar Bayi Sederhana namun Nyaman

dekorasi kamar bayi baru lahir

Dekorasi kamar bayi sederhana bukan berarti seadanya. Sederhana berarti apa yang ada sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Dekorasi kamar tidur bayi sederhana cocok bagi Anda yang suka hal-hal simple. Berikut yang perlu diperhatikan untuk dekorasi kamar bayi:

  1. Kamar Tidur Bayi Tidak Perlu Terlalu Berseni

Untuk mendekorasi kamar tidur bayi gunakan saja desain yang tidak terlalu rumit. Gunakanlah cara-cara yang sederhana tetapi tetap menarik. Misalnya menggunakan desain yang lucu atau menambahkan furniture-furniture bayi.

  1. Jangan Menaruh Furniture Secara Berlebihan

Jika Anda hanya menyiapkan kamar bayi dengan ukuran kecil, sesuaikan juga furniture dengan ukuran kamar. Letakkanlah furniture yang penting-penting saja, seperti tempat tidur bayi minimalis, lemari, serta kursi tambahan. Lebih disarankan memilih lemari dengan banyak laci. Jika masih ada ruang kosong Anda juga dapat menambahkan tempat mainan bayi.

  1. Gunakan Gaya Netral Terlebih Dahulu

Mendekorasi kamar bayi biasanya dilakukan sebelum bayi dilahirkan. Bagi Anda yang belum mengetahui jenis kelamin bayi Anda, Anda bisa memilih gaya yang netral untuk dekorasi kamar. Dengan gaya yang netral akan memudahkan Anda untuk menambahkan pernak-pernik lainnya sesuai gender ketika bayi Anda sudah dilahirkan. Contoh warna yang netral adalah hijau, coklat krem, kuning dan abu-abu.

  1. Jangan Memasukkan Semua Barang ke Dalam Kamar

Melihat furniture-furniture bayi yang lucu, terkadang membuat Anda kalap ingin membelinya. Tapi, jangan sampai Anda mengikuti semua keinginan Anda, perhatikan pula keuangan dan calon kamar si kecil sebelum membeli furniture-furniture tersebut.

  1. Pasang Wallpaper Dinding yang Sesuai

Sebaiknya Anda memasang wallpaper dinding kamar tidur si kecil dengan wallpaper yang lucu dan bertemakan anak-anak. Misalnya gambar tokoh kartun, taman bermain, binatang lucu dan lain sebagainya.

  1. Hias dengan Foto Keluarga

Letakkan foto keluarga di kamar bayi Anda, supaya si kecil tidak asing dengan keluarganya. Letakkan foto ayah, ibu, kakek, nenek, paman, bibi. Dan jika memungkinkan pasang juga foto saudara seusianya.

Itulah sedikit ulasan cara mendekorasi kamar tidur bayi. Nah, bagaimana sekarang? Apakah Anda tertarik untuk mendekor ulang kamar tidur si kecil?