5 Tips Penting yang Harus Dipahami Saat Memilih Tempat Tidur Kayu

Memilih furniture untuk rumah memang membutuhkan beberapa pertimbangan tersendiri, terlebih furniture yang akan digunakan dalam waktu lama, tempat tidur kayu salah satunya. Ya, untuk perabotan besar seperti ini, material kayu masih menjadi salah satu primadona, karena selain lebih awet, juga memberikan kesan hangat dan alami.

Selain itu, tempat tidur kayu kini juga sudah semakin banyak jenisnya, ada yang model tradisional yang biasanya penuh dengan ukiran, hingga model tempat tidur minimalis yang dianggap lebih modern dan sesuai dengan gaya hidup anak muda jaman sekarang yang lebih dinamis.

Nah, jika saat ini Anda sedang berencana untuk membeli model tempat tidur kayu tertentu, namun masih belum merasa terlalu yakin, berikut beberapa hal yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Tips Memilih Tempat Tidur Kayu

model tempat tidur kayu

1. Memilih Tempat Tidur Kayu Berdasarkan Warnanya

Siapa bilang model tempat tidur kayu hanya tersedia dalam warna natural? Nyatanya, sekarang sudah ada banyak sekali tempat tidur bermaterial kayu yang diberikan finishing beragam, sehingga warnanya pun semakin beragam pula. Oleh karenanya, kini Anda bisa dengan lebih bebas memilih warna dipan kayu yang sesuai dengan suasana di kamar.

Contohnya, jika Anda sedang mencari tempat tidur anak yang kamarnya bernuansa netral dan ceria, Anda bisa memilih warna putih atau cokelat muda untuk tempat tidurnya. Warna ini akan memudahkan Anda yang masih ingin memberikan sentuhan warna lain pada dinding, ataupun furniture tambahan.

2. Memperhatikan Desain

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan dari sebuah tempat tidur adalah desainnya itu sendiri, yang tentu saja harus disesuaikan pula dengan konsep kamar milik Anda. Jika kamarnya tidak terlalu ramai dan Anda ingin dipan yang awet hingga berpuluh tahun, maka bisa memilih tempat tidur kayu jati model minimalis.

Ya, Anda juga perlu memahami bahwa kini tidak semua tempat tidur dari kayu jati selalu penuh ukiran, dan seakan ketinggalan jaman. Jika ingin kesan yang lebih modern, Anda juga bisa  memesan tempat tidur dengan finishing tertentu, meski biasanya Anda harus membayar sedikit lebih mahal.

3. Memilih Ukuran Tempat Tidur

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan dalam memilih tempat tidur kayu adalah ukurannya. Hal ini tentu untuk menghindari sisa space atau malah merasa terlalu sempit sehingga tidak nyaman ketika sedang tidur.

Untuk memilih ukuran tempat tidur yang ideal, ada beberapa faktor yang bisa menentukan, yaitu sebagai berikut:

  • Berapa orang yang nantinya akan menggunakan tempat tidur.
  • Siapa yang akan menggunakan tempat tidur.
  • Dan berapa luas kamar yang akan ditempati.

4. Bahan Tempat Tidur

Meski dari awal Anda sudah menentukan bahwa akan membeli tempat tidur kayu, namun nyatanya tidak sesederhana itu, karena ada beberapa jenis kayu yang biasanya digunakan, dan setiap jenis kayu itu memiliki kelebihannya masing-masing.

Beberapa jenis kayu yang paling umum digunakan adalah kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling dan lainnya. Jika budget Anda mencukupi, sangat disarankan untuk memilih kayu jati.

5. Membeli Tempat Tidur di Tempat yang  Sudah Terpercaya

Jika Anda sudah menentukan desain hingga ukuran tempat tidur yang akan dibeli, kini saatnya Anda untuk memikirkan dimana sebaiknya membeli tempat tidur kayu tersebut. Ya, di kota manapun Anda tinggal tentu ada banyak sekali toko perabotan yang menjual tempat tidur, namun carilah toko yang ukurannya cukup besar dan nama tokonya sudah sering Anda dengar.

Hal tersebut karena biasanya toko yang sudah terkenal akan menjual produk yang kualitasnya cukup baik, apalagi jika toko tersebut berukuran besar. Selain itu, jika Anda ingin membeli tempat tidur secara online, pilihlah toko resmi dari sebuah brand yang bagus pula.

Ya, itulah lima tips utama bagi Anda yang ingin membeli tempat tidur kayu. Kini, untuk menambah informasi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki tempat tidur atau perabotan lain yang berbahan kayu jati. Penasaran? Simak di bawah ini;

  • Super Kokoh

Siapa saja tentu sudah tahu bahwa kayu jati terkenal dengan kekokohannya. Hal inilah mengapa sebagian besar orang yang ingin mempunya tempat tidur yang awer akan cenderung memilih material kayu jati.

  • Ternyata Bisa Menjadi Investasi

Investasi yang dimaksud bukanlah investasi yang akan menghasilkan uang secara langsung dalam jangka waktu tertentu, melainkan investasi dalam hal keawetan. Ya, kayu jati biasanya bisa bertahan hingga 70 tahun, berbeda dengan jenis kayu lain yang rata-rata bertahan selama 20 tahun.

  • Masih Mudah Dirawat

Alasan lain mengapa seseorang biasanya memilih tempat tidur kayu adalah karena perawatannya yang tidak sulit. Untuk perawatan rutinnya, Anda cukup membersihkannya dengan kain setengah basah, baru setelahnya menggunakan kain kering yang bersih. Perawatan ini akan memastikan kebersihan tempat tidur, juga membantu kayu jati untuk lebih awet.

  • Sudah Tersedia Dalam Banyak Pilihan Warna

Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi bahwa warna finishing furniture dari kayu memiliki pilihan warna selain warna natural, kayu jati juga termasuk di dalamnya. Selain warna natural yang paling umum adalah warna abu-abu, warna emas, ataupun warna putih. Jika Anda lebih menyukai konsep modern, warna putih atau abu-abu tentu menjadi pilihan yang paling tepat.

Kini, Anda sudah lebih paham bukan mengenai tempat tidur kayu, mulai dari cara memilihnya hingga kelebihan yang akan didapatkan. Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah, bahwa Anda harus tetap memilih model tempat tidur sesuai dengan budget yang tersedia sehingga terhindar dari melakukan pemborosan.