Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Bayi Sejak Lahir Hingga Usia 7 Bulan

Semenjak dilahirkan ke dunia, terdapat banyak hal yang dialami oleh seorang bayi sampai tumbuh dewasa. Setiap orang tua pasti akan merasa sangat bahagia ketika mereka bisa menyaksikan berbagai tahap tumbuh kembang bayi. Dimana tumbuh kembang tersebut meliputi mengenali suara ibunya hingga belajar berjalan. Momen-momen tersebut tentu tidak ingin dilewatkan oleh orang tua.

Terdapat banyak hal yang bisa terjadi dalam masa tumbuh kembang bayi yang dimulai sejak bayi baru lahir sampai berusia 12 bulan. Bahkan banyak orang tua yang beranggapan bahwa pertumbuhan buah hati mereka berlangsung dengan cepat. Bagi orang tua yang baru saja memiliki bayi, sebaiknya perlu memahami apa saja tahapan tumbuh kembang dari bayi mereka terutama sejak lahir hingga usia 7 bulan.

Apa yang Dimaksud dengan Tahap Tumbuh Kembang Bayi?

Tumbuh kembang bayi adalah peristiwa yang dialami oleh bayi serta menunjukkan tumbuh kembang mulai dari usia 0. Adapun peristiwa yang termasuk dalam tahap tumbuh kembang tersebut antara lain merangkak, berjalan hingga berbicara. Akan tetapi setiap bayi pasti mempunyai perkembangan berbeda antara satu dan yang lain.

Perlu Anda ketahui bahwa tumbuh kembang bayi memang sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal. Untuk faktor internal meliputi genetik, usia, ras, jenis kelamin dan kromosom. Sedangkan faktor eksternal meliputi sosial, stimulasi orang tua, keadaan ekonomi serta nutrisi.

Sebagai orang tua, Anda sebaiknya mencatat hal-hal yang terjadi pada setiap tumbuh kembang bayi mulai dari lahir serta mengabadikannya dalam bentuk video atau foto. Hal tersebut biasanya dilakukan supaya para orangtua tidak melewatkan berbagai momen bahagia tumbuh kembang buah hatinya.

Memahami tahap tumbuh kembang bayi merupakan hal yang penting karena dapat membantu Anda memastikan bayi tersebut tumbuh secara optimal. Selain itu, dengan memahami tumbuh kembang seorang bayi maka bisa menjadi panduan bagi orang tua untuk memberikan rangsangan yang tepat sesuai proses perkembangannya. Dengan terus memantau tumbuh kembang seorang bayi maka Anda juga menjadi lebih waspada terhadap berbagai gangguan kesehatan yang dapat dialami oleh buah hati.

Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan

Sejak bayi lahir, maka ia sudah mempunyai kemampuan. Salah satunya yaitu kemampuan menangis sebagai bentuk komunikasi pertama yang dilakukan oleh seorang bayi. Dada bayi setelah lahir biasanya akan mulai bergerak secara naik turun yang menandakan adanya sistem pernapasan mulai bekerja mengambil oksigen dari udara.

Selain menangis, bayi baru lahir juga memiliki kemampuan melihat yang dapat terlihat dari matanya yang bergerak untuk memperhatikan keadaan di sekitarnya. Pada tahap tumbuh kembang bayi memasuki usia dua bulan pertama, mereka biasanya akan menangis menggunakan intonasi, volume maupun suara yang berbeda. Pada tahap tumbuh kembang ini, mereka mulai mampu menangkap suara di sekitarnya dan dapat membedakan suara.

Ketika memasuki usia 4 bulan, bayi mulai bergerak lebih aktif terutama bagian tangan dan kaki. Bayi juga cenderung lebih ekspresif untuk mengeluarkan variasi suara. Anda perlu mengajak buah hati terus berkomunikasi sebagai upaya agar bayi bisa belajar berbagai jenis suara. Ketika bayi sudah berusia 4 bulan, maka tahap tumbuh kembang bayi akan memperlihatkan mereka yang mulai memasukkan beragam benda yang bisa diraih oleh tangannya untuk dimasukkan ke dalam mulutnya.

Selain itu, bayi berusia 4 bulan juga mampu tidur sepanjang malam. Bahkan beberapa bayi ada yang sudah mampu berguling memakai kekuatan perut mereka dari posisi yang terlentang hingga tengkurap di tempat tidur. Saat berada di posisi tengkurap biasanya bayi bisa bergerak menyerupai mini push-up. Bayi usia 4 bulan juga mulai merespons serta menyahut saat diajak berbicara.

Tahap tumbuh kembang bayi usia 4 bulan juga mulai menampakkan tanda gigi-gigi akan tumbuh. Tahap tumbuh kembang seorang bayi berusia 4 bulan juga ditandai dengan kemampuan mereka menirukan suara dengan akhiran vokal.

Bayi yang berusia 4 bulan juga mulai mampu mengangkat kepalanya hingga mencapai tinggi 90 derajat. Mereka juga mampu memperluas jarak pandangannya sehingga mulai memahami hal-hal yang ada di sekitarnya.

Selain itu, pada usia ini bayi umumnya akan mengalami pertumbuhan fisik secara pesat. Pertumbuhan fisik tersebut dapat terlihat dari berat badan yang terus naik antara 500 – 1000 gram per bulan. Sedangkan tinggi badannya juga mengalami pertumbuhan secara signifikan.

Karena itulah, mengingat perkembangan si kecil yang sudah mulai tengkurap maka penting bagi kita memilih tempat tidur bayi yang bagus dan aman juga. Pemilihan tempat tidur yang keliru bisa jadi malah membuat si kecil susah untuk bergerak. Selain itu hindarkan juga bantal atau guling ketika si kecil hendak bergerak. Benda-benda tersebut berpotensi menutup saluran hidungnya ketika dia tak sengaja bergerak dan kepalanya menindihnya.

Tumbuh Kembang Bayi 7 Bulan

tumbuh kembang bayi 7 bulan

Kebanyakan dari Anda mungkin belum menyadari bahwa bayi berusia 7 bulan mengalami tahap tumbuh kembang luar biasanya yang ditandai dengan kemampuan mereka melambaikan tangan. Selain itu, bayi juga mulai mampu menirukan suara yang didengarnya dengan celoteh yang belum begitu jelas pengucapannya. Bayi yang memasuki usia 7 bulan juga sudah mulai belajar merangkak.

Tumbuh kembang bayi yang berusia 7 bulan juga mengajak Anda untuk mulai bermain cilukba. Sebab di usia 7 bulan bayi mulai mengerti permainan tersebut. Mereka juga mulai meraih benda-benda di sekitarnya karena rasa keingintahuan yang semakin tinggi di usia 7 bulan. Tumbuh kembang seorang bayi di usia 7 bulan juga ditandai dengan keinginan mereka belajar berdiri maupun posisi duduk yang telah mantap. Bahkan mereka sudah bisa duduk sendiri dengan bersila.

Setiap bayi yang dilahirkan ke dunia pasti akan mengalami tumbuh kembang. Namun tumbuh kembang bayi akan berbeda antara bayi satu dengan yang lain karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Meski demikian setiap orang tua perlu memahami apa saja tahap tumbuh kembang seorang bayi sehingga mereka bisa terus memantau pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya secara optimal.