Tips Menata Kamar Sesuai Ukuran Kamar Tidur Anda

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan paling vital dalam bangunan rumah, sehingga tidak heran jika banyak sekali orang yang  memilih untuk membuat ukuran kamar tidur yang luas, dengan tujuan agar mereka bisa beristirahat ataupun melakukan kegiatan lain dengan tenang dan nyaman.

Namun, tidak semua orang bisa memiliki kamar seluas yang mereka mau, bisa karena mereka membeli rumah sudah jadi yang memang kamarnya tidak luas, ataupun karena ukuran tanah yang terbatas sehingga harus memperhitungkan benar luas setiap ruangan yang ada.

Meski begitu, Anda tidak sebaiknya langsung menyerah mendapatkan kamar yang nyaman dan cantik seperti yang diinginkan, karena ada banyak sekali cara untuk memaksimalkan kamar sesuai dengan ukurannya.

Untuk Anda yang sedang merasa bingung, berikut beberapa cara dan tips yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kamar, sesuai dengan ukuran kamar tidur itu sendiri.

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4

desain kamar tidur minimalis ukuran 3x4

Ukuran kamar tidur 3×4 meter memang tidaklah sempit, namun tidak bisa dikatakan sangat luas sehingga Anda harus tetap pintar-pintar dalam mendesainnya. Salah satu hal utama yang  sebaiknya Anda pikirkan adalah catnya terlebih dahulu, kamar minimalis memang identik dengan warna putih, namun jika tidak ingin terlalu plain, Anda juga bisa memberikan tambahan aksen warna di bagian-bagian tertentu.

Agar kamar terasa dan terlihat lapang, pilihlah kasur yang ukurannya tidak terlalu besar, tempat tidur anak juga masih bisa dijadikan pilihan jika memang sang pemilik kamar belum terlalu besar. Letakkan tempat tidur di salah satu sisi kamar, lalu berilah rak dinding untuk menyimpan buku atau mainan mereka.

Untuk berjaga-jaga jika anak nantinya sudah besar, Anda juga bisa sekaligus memberikan meja belajar, kemudian lemari yang memang sekiranya cukup menampung pakaian mereka seiring dengan pertumbuhannya.

Cara Menata Kamar Tidur Ukuran 3×3

cara menata kamar tidur ukuran 3x3

Kamar tidur dengan ukuran yang satu ini memang tidak terlalu luas, namun masih sangat cukup untuk Anda yang pintar menatanya, termasuk memilih furniture yang bisa memberikan kesan-kesan tertentu. Jika Anda tidak ingin dinding yang terlalu polos, namun juga merasa berlebihan jika memajang terlalu banyak pajangan, memilih headboard cantik adalah salah satu solusi yang baik.

Selain itu, jika Anda ingin memiliki TV di dalam kamar dengan ukuran seperti ini, sangat disarankan untuk memasang TV di dinding saja, sehingga tidak akan memangkas terlalu banyak space. Lalu, adanya cermin dengan ukuran yang besar juga akan sangat membantu untuk membuat kamar ukuran kamar tidur terlihat lebih besar dari yang sesungguhnya lho.

Ide lain yang bisa Anda coba adalah menambahkan lantai tambahan di kamar, namun perlu diketahui jika ide yang satu ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki kamar dengan langit-langit yang tinggi ya. Jika memang bisa, Anda bisa menjadikan lantai tambahan ini sebagai tempat kasur, walking closet ataupun tempat kerja.

Cara Menata Kamar Tidur Ukuran 2×3

cara menata kamar tidur ukuran 2x3

Semakin kecil kamar, maka semakin besar kelapangan hati yang dibutuhkan agar Anda bersedia untuk tidak memasukkan terlalu banyak barang, terlebih jika Anda memiliki koleksi barang tertentu yang memang membutuhkan space yang lumayan. Namun jangan langsung berkecil hati, karena nyatanya ukuran kamar tidur yang satu ini juga masih memungkinkan Anda untuk berekspresi mempercantik kamar.

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan tidak menggunakan terlalu banyak warna, sehingga bisa menghindari kesan terlalu ramai, riuh dan akan semakin terasa sempit pula. Seperti yang sudah Anda ketahui, warna putih yang bisa memberikan kesan lega masih menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa Anda coba.

Selain itu, Anda juga sebaiknya memilih furniture yang memiliki kegunaan ganda, salah satu contoh yang paling sering adalah tempat tidur yang memiliki laci. Jika Anda ingin memiliki meja kerja di kamar, pilihlah meja yang ditempelkan di dinding, akan lebih baik lagi jika meja tersebut bisa dilipat ketika sedang tidak digunakan.

Untuk tetap menjaga kamar agar terlihat lebih clean, hindari pula terlalu banyak memasang pajangan di dinding. Sederhananya, semakin kecil ukuran kamar tidur, maka harus semakin sedikit pula hiasan dinding yang dipasang. Namun, Anda tetap disarankan untuk memajang cermin dengan ukuran yang lumayan besar, karena adanya cermin ini dapat memberikan ilusi ukuran kamar tidur yang lebih besar dari yang sebenarnya.

Nah, setelah memahami cara menata kamar sesuai dengan ukurannya, kini tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui beberapa tips dalam memilih tempat tidur agar kamar terasa lebih nyaman. Beberapa tips tersebut adalah:

  1. Mengecek tingkat kelembutan kasur
  2. Memilih kasur sesuai dengan kebutuhannya
  3. Memilih dan menyesuaikan kasur dengan ukuran kamar tidur dan ukuran tubuh Anda sendiri
  4. Mengecek suhu kamar tidur terlebih dahulu
  5. Menyesuaikan kasur dengan budget yang sudah Anda siapkan sebelumnya
  6. Tanyakan terlebih dahulu mengenai uji coba dan pengembaliannya
  7. Memilih kasur sesuai dengan jenisnya; kasur busa, kasur kapuk, kasur pegas, kasur memory foam dan kasur lateks.

Ya, itulah beberapa cara menata kamar yang sesuai dengan ukuran kamar tidur lengkap dengan cara memilih kasurnya. Setiap orang termasuk Anda tentu memiliki kamar impian masing-masing, inilah mengapa sebaiknya Anda memikirkan dengan matang terlebih dahulu sebelum membangun rumah, jangan sampai Anda menyesal pada akhirnya karena terlalu terburu-buru.

Selain itu, perlu Anda ingat bahwa memiliki kamar yang cantik dan nyaman tidak harus selalu dengan memiliki kamar yang mewah. Selama Anda mau mencari tahu dan berpikir kreatif, kamar nyaman idaman akan tetap bisa Anda dapatkan meski dengan ukuran yang terbatas.

Selamat mencoba…